Bahaya Riba


alimsyahwana.com - Banyak orang yang  hidupnya hancur  karena dampak dari hutang riba,Karena kita ini seringkali gak yakin bahwa Allah itu maha pemberi rezeki dan inilah penyebab utama mengapa manusia itu akhirnya terlibat dengan transaksi riba.

Karena masih banyak orang yang berpikiran,kalau saya gak nyicil darimana lagi saya akan bisa beli rumah,kendaraan,dll.Padahal sudah jelas bahwa riba ini pasti akan memancing masalah di hidup kita nantinya,betapa banyak saat ini orang yang hidupnya hancur karena riba.

Ya,karena terjerat pinjollah,leasing,rentenir,pinjambanklah dan lain sebagainya.Dan anehnya kenapa masih banyak orang yang menyelesaikan masalahnya pun sama kembali dengan riba,berhutang kembali untuk menutup hutangnya,alias gali lobang tutup lobang dan akhirnya masalahnya menjadi meluas,membesar dan dampak terbesarnya biasanya siapa coba?

Keluarga kita,kan kasihan.keluarga itulah yang akan pertama kali menjadi susah karena dampak riba yang kita lakukan.sudah banyak sekali kita sering mendengar karena riba mereka kehilangan pekerjaannya,cerai dengan pasangannya,bahkan harta benda pun akan habis.karena akhir dari riba itu akan miskin.

Saya sendiripun sudah merasakan,saya serasa di sentil oleh Allah karena hutang riba yang saya lakukan.saya kehilangan pekerjaan dan harus meninggalkan hutang di pinjol,bank,dan leasing,bahkan harta benda yang saya punya pun harus saya jual untuk menutupi hutang.

Hijrah dan bertaubatlah salah satu jalan untuk bisa lepas dari jeratan riba,pintu pertamanya adalah menyesali dulu perbuatan kalian.setelah itu pasti akan ada jalan keluar dari arah yang gak akan pernah kita sangka-sangka.

Allah itu menguji kita dengan kesulitan,misalnya kesulitan ekonomi,karena Allah ingin melihat respon kita terhadap ujian tersebut.Allah ingin melihat apakah kita akan mengikuti petunjuk yang Allah ridhoi?atau mengambil jalan pintas sesuatu yang Allah benci.

Coba bayangkan andai saja kita sabar dan hanya bertindak sesuai dengan apa yang Allah ridhoi yakinlah ujian kita itu akan lulus dan mendapatkan hadiah berupa solusi untuk terurainya masalah di hidup kita.

Tapi sayang ya nih,kebanyakan manusia selalu kembali memilih jalan yang Allah benci,hingga akhirnya apa coba,hidupnya makin susah di dunia dan semua itu belum ada apa-apanya dibandingkan ancaman Allah kelak di akhirat,padahal Allah pasti akan memberi solusi dan jalan keluar dari masalah hidup kita,yakinlah itu janjiNya.

Allah melaknat para pelaku riba beserta saksi saksinya atau mereka yang memahami dan mengetahui transaksi riba.

"Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka,yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” (Qs. Ali Imron [3]: 130)

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa-sisa dari berbagai jenis riba jika kamu adalah orang-orang yang beriman,maka jika kamu mengerjakan riba ketahuilah bahwa Allah dan rasulnya akan memerangimu dan jika kamu bertaubat maka bagimu pokok hartamu,kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya."( QS Al-Baqarah [2] : 278-279 )

Tuh coba kalian bayangkan dalam ayat tersebut,Allah dan rasulnya akan memerangimu,kita sebagai manusia apa sanggup memerangi Allah dan rasulnya,gak akan mungkin sanggup.bayangin nih kelak kita di akhirat kita melihat nabi Muhammad saw,kita ingin memeluk rasulullah,kita ingin mencium tangannya,kita mencintai dan merindukannya tapi tiba-tiba rasululllah mengangkat pedangnya dan berkata :

“engkaukah yang selama ini menantang berperang dengan Allah dan denganku?

Jabir berkata bahwa rasulullah SAW mengutuk orang yang menerima riba,orang yang membayarnya,orang yang mencatatnya dan dua orang saksinya.Kemudian beliau bersabda mereka itu semuanya sama. (HR Muslim)

Mari kita berbenah diri jauhkan diri dan anak-anak kita dari riba,sebelum hancur hidup kita,bayangkan kita beli rumah,beli mobil,ada uang riba di dalamnya,kita shalat,kita beribadah,kita bekerja menggunakan fasilitas itu sedangkan Allah tidak ridho akan fasilitas itu,kira-kira gimana ibadah kita.

Yakinlah bahwa Allah adalah sebaik-baik penolong,rezeki akan allah datangkan dari tempat yang tidak pernah kita duga,maka kuatkan keimanan,luruskan niat dan hiduplah hanya sesuai dengan apa yang Allah ridhoi dan teruntuk kalian yang saat ini terjerat hutang riba,segera bertaubatlah agar dimudahkan jalan keluarnya masalah anda.






0 Response to "Bahaya Riba"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel