Siap-Siap Peraturan Terbaru Youtube 2019-2020

alimsyahwana.com - Saat ini platform youtube mengeluarkan peraturan terbaru di 2020 dan peraturan ini akan diberlakukan pada awal 2020.peraturan yang diterapkan oleh pihak youtube kali ini terkait tentang perlindungan anak-anak Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA).jadi pihak youtube menekankan ke semua content creator untuk memastikan apakah video yang dibuatnya untuk anak-anak atau orang dewasa

Menurut pihak youtube jika tidak menetapkan konten dengan tepat, kemungkinan akan ada konsekuensinya di YouTube atau konsekuensi hukum berdasarkan COPPA dan undang-undang lainnya.

Kami menyediakan sejumlah panduan tentang apa saja yang dianggap sebagai konten yang “Dibuat untuk Anak-Anak” di bawah ini, tetapi kami tidak dapat memberikan nasihat hukum. Jika Anda tidak yakin apakah video Anda memenuhi standar ini, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan penasihat hukum.

Menurut panduan FTC tentang COPPA, video dianggap ditujukan untuk anak-anak (yang kami sebut “Dibuat untuk Anak-Anak”) jika:


  • Anak-anak merupakan penonton utama berdasarkan berbagai faktor yang dijelaskan di bawah ini.
  • Anak-anak bukan merupakan penonton utama, tetapi video tersebut tetap ditujukan untuk anak-anak berdasarkan berbagai faktor di bawah ini.(Inilah yang dikenal berdasarkan COPPA sebagai konten untuk “audiens campuran”, yang merupakan jenis konten yang ditujukan untuk anak-anak. Konten untuk audiens umum tidak sama dengan konten untuk audiens campuran.)

Ketika memutuskan apakah channel atau video Anda Dibuat untuk Anak-Anak atau tidak, Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk:


  • Materi pokok video (mis. konten edukasi untuk anak-anak prasekolah).
  • Apakah anak-anak merupakan target penonton yang Anda inginkan atau yang sebenarnya untuk video tersebut.
  • Apakah video tersebut melibatkan aktor atau model anak-anak.
  • Apakah video tersebut berisi karakter, selebritas, atau mainan yang menarik bagi anak-anak, termasuk karakter animasi atau tokoh kartun.
  • Apakah bahasa dalam video tersebut ditujukan agar dapat dipahami oleh anak-anak.
  • Apakah video berisi aktivitas yang menarik bagi anak-anak, seperti bermain peran, lagu atau game sederhana, atau pendidikan usia dini.
  • Apakah video berisi lagu, cerita, atau puisi untuk anak-anak.
  • Informasi lainnya apa pun yang dapat membantu Anda menentukan penonton video, seperti bukti empiris tentang penonton video Anda.
  • Apakah konten diiklankan kepada anak-anak atau tidak.

Hanya karena konten Anda mungkin berisi beberapa faktor ini, tidak otomatis berarti konten tersebut Dibuat untuk Anak-Anak. Anda harus mempertimbangkan secara hati-hati siapa yang ingin Anda jangkau dengan video Anda saat menilai konten dan berbagai faktor di atas. Baca bagian di bawah untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai konten yang Tidak Dibuat untuk Anak-Anak.

Catatan: YouTube Analytics (YTA) tidak dirancang untuk membantu menentukan apakah konten Anda ditujukan untuk anak-anak atau tidak. Sebaiknya Anda menggunakan faktor yang dijelaskan oleh FTC di atas untuk menentukan siapa penonton Anda.

Berapa usia anak yang dimaksud? Di Amerika Serikat, "anak-anak" didefinisikan sebagai setiap orang yang berusia kurang dari 13 tahun. Namun, ketentuan usia anak-anak bisa jadi lebih tinggi di negara lain, jadi pertimbangkan faktor yang dijelaskan di atas sebagaimana mestinya, terkait dengan definisi usia anak-anak dalam hukum yang berlaku di negara Anda, dan konsultasikanlah kepada penasihat hukum jika Anda memiliki pertanyaan lain.

Sumber : support.google.com

Itulah beberapa peraturan yang mesti kalian pahami.jadi kita sebagai content creatorlah yang memahami betul apakah konten kita mengandung unsur video anak-anak atau tidak.setiap kontent creator diwajibkan untuk melakukan setting di cahannel youtubenya apakah disetiap videonya ditujukan untuk anak-anak.untuk melakukan setting kalian bisa liat caranya disini.


0 Response to "Siap-Siap Peraturan Terbaru Youtube 2019-2020"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel