Pondok Programmer, Pondok Pesantren Untuk Programmer

Pondok Programmer, Pondok Pesantren Untuk Programmer
Mendengar istilah pondok pesantren mungkin yang terbayang pertama kali oleh kita adalah sekumpulan santri yang belajar agama Islam dan tinggal di asrama. Bagaimanakah jadinya jika ada sebuah pondok pesantren yang keluar dari pakem itu, alih-alih mengajarkan ilmu agama kepada santri-santrinya malahan pondok pesantren itu mengajarkan coding dan pemrograman? Bagaimana jika sekumpulan programmer berkumpul dalam satu asrama dan melakukan berbagai aktivitas layaknya santri di pondok pesantren? Kali ini CodePolitan akan mencoba membahas sebuah komunitas coding yang unik dan tidak biasa, yaitu Pondok Programmer.
Pondok Programmer adalah sebuah suatu tempat pendidikan programmer yang berada di Yogyakarta yang mengajarkan pemrograman dengan metode seperti pondok pesantren. Pondok Programmer ada untuk mewadahi mereka yang menyukai dunia pemrograman namun memiliki keterbatasan dana untuk belajar, oleh karena itu sejatinya program Pondok Programmer tidak menuntut biaya sama sekali dari para santri-santrinya. Pondok Programmer bertujuan menyiapkan programmer yang professional, tangguh dan berakhlak mulia. Sehingga walaupun yang diajarkan di Pondok Programmer adalah ilmu tentang pemrograman komputer, namun layaknya sebuah pondok pesantren, Pondok Programmer menanamkan nilai-nilai ke-Islam-an dalam berbagai aktivitasnya.
Pondok Programmer memiliki sederet kegiatan untuk meningkatkan keterampilan IT maupun religius. Kegiatan-kegiatan yang ada di Pondok Programmer yaitu:
  1. Belajar Pemograman Web
  2. Belajar Pemograman Mobile
  3. Pembelajaran Desain
  4. Pembelajaran Internet Marketing
  5. Tadarus Alqur’an
  6. Hafalan Alqur’an
  7. Bahasa Arab
  8. Bahasa Inggris
  9. Kajian Ilmiah Islam
  10. Olahraga
  11. Rihlah
  12. Kerja Bakti
DSC_2865
10678866_778047292253746_2860204459121411715_n
DSC_3045
DSC_3180
Tidak hanya belajar, di Pondok Programmer santri-santrinya dilatih untuk terjun langsung ke dalam sebuah project pemrograman, baik itu membuat web, aplikasi mobile dan yang lainnya. Hal itu bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para santri-santrinya tentang bagaimana cara bekerja sebagai programmer, sehingga ketika nanti telah lulus mereka akan siap dengan bekal yang ada untuk terjun ke dunia industri.
Masing-masing orang tentu saja memiliki minat yang berbeda-beda, dan itu jelas berlaku juga di pemrograman. Sehingga akan ada perlakuan yang berbeda untuk murid yang memiliki minat di web programming dengan mobile programming. Dan itu juga akan berbeda dengan yang memilki minat dibidang design. Di Pondok Programmer juga berlaku hal itu, santri-santrinya di arahkan kepada bidang yang mereka sukai, sehingga pengembangannya akan memunculkan seluruh potensi yang ada. Dan tentu saja membuat belajar menjadi lebih nyaman karena sesuai minat.
Adapun fasilitas yang ada di Pondok Programmer antara lain:
  • Di Tranning Dengan Master-Master Programmer
  • Makan 3x sehari, Disediakan Perlengkapan Mandi
  • Lingkungan Nyaman, Kondusif, dan Tempat Tinggal (bersama Anggota Programmer)
  • Koneksi internet 24 Jam
  • Olah Raga (Sepak Bola – Jogging – Futsal)
  • Sholat 5 Waktu Di Masjid – Kajian Ilmiah – Belajar Bahasa Arab – Belajar Bahasa Inggris
  • Jalan-Jalan Tiap Bulan 1x Ke Objek Wisata
  • Setiap bulan ada sharing dengan dosen tamu / orang berpengalaman
  • Mengikuti seminar-seminar IT
Sumber: http://pondokprogrammer.com
             http://www.codepolitan.com/pondok-programmer-pondok-pesantren-untuk-programmer/

0 Response to "Pondok Programmer, Pondok Pesantren Untuk Programmer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel