Waspadalah!Jangan Asal Download Pinjol Di Playstre,Marak Pencurian Data Pribadi Berkedok Pinjol

Waspadalah!Jangan Asal Download Pinjol Di Playstre,Marak Pencurian Data Pribadi Berkedok Pinjol

alimsyahwana.com - Saat ini jumlah aplikasi pinjaman online di playstore tidak terhitung berapa banyak ya,bahkan jumlah pinjaman online yang legalitasnya ilegal cenderung lebih banyak dibandingkan aplikasi yang legalitasnya sudah terdaftar dan berizin OJK.

Saat ini marak sekali pencurian data pribadi berkedok pinjaman online,mereka mencuri data pribadi dengan menyamar sebagai aplikasi pinjaman online,yang sebenarnya mereka itu tidaklah memberikan pinjaman sama sekali,tetapi hanya ingin mencuri data pribadi seseorang saja.

Maka dari itu,bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman online agar lebih berhati-hati dan bijak ketika memilih aplikasi di playstore,jangan sampai aplikasi yang kalian download adalah aplikasi yang hanya ingin mencuri data pribadi kalian saja.

Pastikan terlebih dahulu legalitas aplikasi tersebut,apakah aplikasi tersebut terdaftar di ojk atau tidak.untuk mengetahui aplikasi tersebut terdaftar kalian bisa cek di situs ojk.go.id atau kalian bisa lihat disini.

Karena tidak semua aplikasi pinjaman online yang marak di playstore itu terdaftar di OJK sepenuhnya,Kamu juga harus hati-hati dengan keberadaan aplikasi pinjaman online atau Fintek bodong (Ilegal) yang sewaktu-waktu bisa saja mencuri data serta informasi pribadi kamu.

Setelah mempertimbangkan untuk menggunakan jasa layanan pinjaman online,hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah membaca setiap syarat dan ketentuan dari aplikasi yang kamu gunakan tersebut. Bacalah secara cermat setiap prosedur yang ditawarkan.Dalam beberapa kasus,nasabah seringkali tertipu karena tidak secara cermat membaca setiap syarat atau prosedur yang ditetapkan oleh aplikasi tersebut.

Sebelum kalian menginstal aplikasi pinjol,coba kalian cek juga komentar di aplikasi tersebut yang direview oleh orang-orang di playstore,kalau komentar negatifnya lebih banyak dari positifnya lebih baik kalian tidak usah mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut.

Waspadai juga permintaan akses data pribadi pada smartphone,karena dalam beberapa kasus aplikasi pinjaman online atau Fintek bodong (legal) memang seringkali meminta izin untuk mengakses beberapa data yang ada di smartphone kita, diantaranya seperti akses kotak telepon, akses galeri hingga akses lokasi yang sebenarnya tidak diperlukan. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya kamu lebih berhati-hati dengan "izin" yang diminta dari aplikasi tersebut.

Itulah beberapa tips bagaimana cara menghindari pencurian data pribadi dari aplikasi pinjaman online yang ingin kamu gunakan. Jangan mudah percaya oleh tawaran atau iming-iming dari oknum yang tidak bertanggung jawab karena data dan informasi kamu yang akan jadi taruhannya. Terlebih lagi, aplikasi pinjaman online bodong ini sudah menjamur di PlayStore atau AppStore dengan menggunakan market dari pihak ketiga.

Periksalah kembali aplikasi pinjaman online yang ingin kamu gunakan,apakah sudah terdaftar dan diawasi oleh lembaga OJK atau belum.Pun, jika sudah kamu juga harus tetap berhati-hati ya. Jika syarat dan ketentuan diluar kewajaran yang telah ditentukan OJK, maka pilihlah pinjaman online terpercaya yang dimana sesuai dengan regulasi OJK.




0 Response to "Waspadalah!Jangan Asal Download Pinjol Di Playstre,Marak Pencurian Data Pribadi Berkedok Pinjol"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel