Begini Cara Mendapatkan & Menukarkan Uang Baru Pecahan Rp75.000 Via Online


alimsyahwana.com - Dihari spesial kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 tahun,Bank Indonesia (BI) meluncurkan atau merilis uang pecahan baru sebesar Rp 75.000.Hal tersebut dilakukan untuk memperingati HUT RI Ke-75 yang jatuh pada hari  senin kemarin tanggal 17 Agustus 2020.

Peluncuran resmi uang pecahan Rp 75.000 ini sudah dilakukan kemarin  oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara virtual dan disiarkan live di akun YouTube Bank Indonesia kemarin.

Penerbitan uang baru tersebut memang dilakukan setiap 25 tahun sekali,Sebelumnya Bank Indonesia juga sudah pernah merilis uang rupiah khusus sebagai bagian dari perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia.Pada 1970 pernah diterbitkan sembilan uang koin dengan ragam nominal antara Rp 200 sampai Rp 25.000. Pecahan tersebut dikenal sebagai uang Seri 25 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sedangkan pada 1995 atau pada perayaan 50 tahun kemerdekaan Indonesia, diterbitkan dua Uang Rupiah Khusus yakni uang koin bernominal Rp 300.000 dan Rp 850.000. Dua uang yang menyematkan gambar Presiden Ke-2 RI Soeharto di dalamnya ini dikenal sebagai uang Seri 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Buat kalian yang ingin memesan atau ingin menukarkan uang baru pecahan Rp 75.000 sudah dapat dipesan per tanggal 17 agustus kemarin.Pemesanan sendiri terbagi menjadi dua gelombang.Periode pemesanan penukaran tahap I tanggal 17 Agustus 2020-30 September 2020. Sedangkan pemesanan penukaran tahap 2 dapat dilakukan mulai tanggal 1 Oktober 2020-selesai.

Berikut ini langkah-langkah cara pemesanan atau penukaran uang pecahan baru Rp 75.000 : 

  • Kalian kunjungi situs https://pintar.bi.go.id
  • Pilih lokasi,tanggal dan jam penukaran uang peringatan Kemerdekaan RI pada aplikasi
Source : website Bank Indonesia
  • Isi data pemesanan meliputi No KTP,Nama Lengkap dan juga informasi kontak
Image source : website bank indonesia
  • Pastikan mendapatkan bukti pemesanan,dan simpan bukti pemesanan dalam bentuk cetak maupun digital atau kalian screen shoot bukti pemesanannya
  • Lakuan penukaran uang secara langsung ke lokasi pada tanggal yang sudah kalian pilih sesuai yang tertera pada bukti pemesanan 
  • Pastikan Anda membawa KTP asli dan bukti pemesanan,dan siapkan uang tunai senilai Rp 75.000 
  • Penukaran uang peringatan kemerdekaan juga dilakukan dengan selalu menerapan protokol pencegahan Covid-19 
  • Jika pemesan tak dapat datang langsung ke lokasi penukaran maka dapat diwakilkan kepada pihak yang dipercaya dengan membawa surat kuasa, KTP asli pemesan dan bukti pemesanan
Syarat 

Nah,untuk mendapatkan uang baru pecahan Rp 75.000 spesial HUT Kemerdekaan ke-75 RI terdapat beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi :
  • Warga Negara Indonesia yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Setiap pemilik KTP hanya dapat menukar satu lembar Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI. 

Penukaran dapat dilakukan di Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan dalam Negeri Bank Indonesia mulai 18 Agustus 2020-30 September 2020. Adapun penukaran di Bank Umum (Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, BCA) yang ditunjuk dapat dilakukan mulai Oktober 2020. 

Saat menukar,masyarakat diharuskan melakukannya sesuai jadwal di lokasi yang dipilih dan jangan lupa untuk membawa bukti pemesanan yang sudah kalian dapatkan saat kalian daftar di situs pintar.bi.go.id

Penukaran dapat dilakukan paling cepat 1 hari setelah pemesanan dilakukan,sepanjang kapasitas penukaran UPK 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.




0 Response to "Begini Cara Mendapatkan & Menukarkan Uang Baru Pecahan Rp75.000 Via Online"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel