Stress Menghadapi Debtcollector ! Begini Cara Menghilangkan Rasa Panik & Takut Dengan Debtcollector Yang Akan Datang Ke Rumah

Stress Menghadapi Debtcollector ! Begini Cara Menghilangkan Rasa Panik & Takut Dengan Debtcollector Yang Akan Datang Ke Rumah

alimsyahwana.com - Rasa panic dan takut memang sudah hal yang wajar kalau kita memiliki hutang.baik itu di pinjol,bank,ataupun leasing.karena pada hakikatnya memang perkara hutang piutang itu gak akan pernah membuat kita tenang apabila kita sudah terjerat dengan hutang tersebut.

Memang Tidak semua hutang itu membuat tidak tenang tergantung karakter seseorang dalam mengelola keuangannya.apalagi di saat sekarang ini banyak sekali orang yang sulit membayar cicilan karena dampak wabah corona.tetapi kita bisa ambil hikmah dari semua wabah ini.bahwa berhutang itu sifatnya darurat dan jangan mudah berhutang dan pentingnya memiliki dana darurat.

Maka saya menyarankan untuk teman-teman rajin-rajinlah menabung di saat kalian memiliki rezeki lebih dan jangan lupa juga shadaqohnya agar rezki kalian dilancarkan.karena kita tidak tau kondisi ekonomi uang kita kedepannya bagaimana .belajarlah hidup qonaah dan apa adanya.jauhkan sifat gengsi dan jangan terlalu banyak bergaul dengan orang-orang yang mendahulukan gengsi dan gaya hidup.bergayalah sesuai isi dompetmu.

Di artikel kali ini  saya ingin menjelaskan dan membuka paradigma temen-temen masyarakat semuanya bahwasanya tim collection atau debtcollector itu tidaklah menyeramkan seperti apa yang kalian pikirkan.Biasanya setiap dc yang datang ke rumah.mereka akan melihat situasi dulu dan yang menentukan kalian itu akan ditekan,yang menentukan kalian itu akan dilakukan pressure itu kalian sendiri yang menentukan.

Debtcollector itu akan kembali lagi itu yang menentukan  kalian juga. debtcollector yang datang kerumah awalnya akan melihat dulu kondisi keadaan nasabah itu.lihat tetangga kiri kanan,lihat tingkah debitur tersebut apakah debitur tersebut tau prosedur hukum, tau aturan didunia perbankan.kalau debitur ya tidak tau pasti kalian akan dilakukan pressure atau ditekan.

Dan perlu kalian ketahui dalam dunia perbankan tim penagihan itu ada 2 macam.ada tim penagihan internal atau biasa yang dikenal dengan tim desk collection dan tim penagihan eksternal atau tim penagihan lapangan.Nah,biasanya tim penagihan internal lah yang kalau menagih itu suka pakai urat atau suka marah-marah dan hanya berani melalui telpon.seperti yang biasa para pinjol lakukan.

Kalau nasabahnya sudah telat lebih dari 3 bulan.biasanya akan dikirimkan tim lapangan untuk menagih hutang yang tertunggak kepada nasabahnya.kalau pinjol illegal itu rata-rata tidak ada dc ya.makannya senjata ampuh pinjol illegal dalam menagih adalah menyebar data nasabahnya.

Dalam peraturan ojk memang disebutkan bahwa pihak pinjol itu tidak boleh menagih kembali setelah 90 hari.tetapi praktek dilapangannya.masih banyak yang sudah lewat lebih 90 hari masih tetap ditagih.masih banyak peraturan ojk yang selalu dilanggar oleh pihak pinjol.walaupun pinjol tersebut legalitasnya terdaftar atau berijin.

Berbicara tentang debtcollector kembali kalian juga gak usah panik dan takut bahwa dc lapangan itu beda sekali dengan dc yang biasa menagih melalui tlpon.DC lapangan itu asik-asik kok orang ya. walaupun ada sebagian memang yang tampang agak menyeramkan.karena itu memang itu sudah karakter mereka dan perusahaan perbankan memang sengaja mencari yang karakter seperti itu,tetapi tidak semua juga tampang ya menyeramkan,karena ada sebagian nasabah memang suka dibuat panic oleh para dc internal ketika menagih via wa,mereka suka memasang photo profil dari orang-orang timur dan ini biasanya dilakukan oleh pihak pinjol dalam menagih biasanya,untuk memberikan image yang menakutkan.

Pengalaman pribadi saya bahwa dc yang datang kerumah itu cenderung baik,sopan,dan pengertian kok orang ya.tentunya setiap pengalaman orang ketika di apeli oleh pihak dc yang kerumah itu beda-beda.mungkin kalian pernah melihat dipemberitaan kayak di youtube atau social media banyak orang yang pernah share  tentang dc yang menagih dengan cara marah-marah ke nasabahnya dengan nada-nada suara yang membentak gitu ke nasabahnya.

Itu yang salah juga nasabahnya karena terlalu banyak menjanjikan untuk membayar.makannya saya menyarankan jangan terlalu banyak berjanji soal masalah waktu untuk membayar hutang.Misalnya kalau kalian itu memberikan janji,iya deh minggu depan kelihatan saya punya uang,bulan depan saya punya uang.iya datanglah debtcollectornya dia tau bahwa kalian sudah berjanji minggu depan atau bulan depan akan bayar.

Minggu depan lagi akan datang lagi debtcollectornya.jadi saran saya disini jangan memberikan janji masalah waktu.seandainya kalian terbelit kondisi keuangan secara finansial belum memiliki rezeki.kalian bilang saja nanti pasti akan saya bayar.tapi ingat kalau sudah ada uangnya jangan kalian menunda-nunda untuk melunasi hutang kalian itu dan tetap kalian usahakan.bicaralah baik-baik untuk negosiasi hutang pokoknya.kalau kalian punya hutang di pinjol itu biasanya bisa nego pokok.

Jadi jangan pernah takut dan panik dengan debtcolector yang datang ke rumah.kalau kalian bertanya kepada saya lebih enak ditagih via telepon atau debtcollector yang datang.lebih enak yang datang.kalau yang ditelepon kita tidak tau orang ya seprti apa dan yang ditlpon itu justru membuat kalian lebih stress dibanding debtcollector yang datang.

Kalau debtcollector yang datang kan enak  menghadapinya itu.kalau kalian sedang tidak ada uang sederhana saja.kalian pasrah saja.bukan tidak ada niat gak mau bayar.memang kondisi ya lagi seperti ini mau diapakan lagi.tidak usah kalian melakukan perlawanan dan tidak usah kalian melakukan perdebatan

Debtcollector yang datang pastinya mereka akan lemah lembut dengan kata-kata yang sopan. selanjutnya kalian yang menetukan.akan dilakukan pressure atau tekanan.Debtcollector yang datang kerumah awalnya akan melihat dulu kondisi nasabah itu.lihat tetangga kiri kanan,lihat tingkah debitur tersebut apakah debitur tersebut tau prosedur hukum, tau aturan didunia perbankan. kalau debitur ya tidak tau pasti kalian akan dilakukan pressure.

Namanya orang berhutang pasti akan ditagih.kalau nasabahnya  tau tentang prosedur hukum.mereka pihak debtcollector juga akan lebih berhati-hati berhadapan dengan anda.tetapi kalau kalian tidak tau apa-apa dengan senang hati namanya debtcollector itu pasti akan melakukan pressure melakukan tekanan terhadap kalian.

Jadi seperti itulah perilaku debtcollector.mereka akan melihat situasi yang ada terlebih dahulu,kalau kalian takut debtcollector ya akan datang lagi yang menentukan itu ya kalian.Sebenarnya debt itu asik kalau diluar karena tugas mereka melakukan sperti itu jadi jangan juga membeci pihak debt lapangan.tetapi kalau cara penagihan mereka sudah menyalahi aturan baru itu yang kita serang,itu yang kita perjuangkan.disini hampir sebagian dari semua nasabah itu berpikiran debt itu kasar galak,premanisme,berbau dengan kkerasan tidak seperti itu juga.jadi mulai sekarang jangan pernah panik atau takut lagi.dan jangan menunjukan sikap lemah di hadapan mereka

Kalau dc datang perlakukan layak ya seperti tamu dan jangan lupa minta surat tugas penagihannya seperti id card dan ktp ya.kalau perlu kalian photo id card dan ktp ya.untuk menjaga-jaga kalau mereka melakukan kekerasan kan kita punya bukti.jadi enak untuk melapor.karna saat ini juga banyak loh oknum-oknum dc yang suka memanfaatkan nasabahnya.jadi kita mesti jaga diri juga. Kalau mereka macam-macam dan melanggar aturan yang ada.kan kalian sudah pegang ini orang ya, ini ktp ya.kalian melapor polisi kan enak.tentu saja namanya debt biasanya suka beragumen tidak takut polisi ,tidak takut masalah hukum.semuanya tidak takut .Tapi kalau sudah dihadapkan sama polisi,sama hukum tidak bisa berkutik lagi dia

Jadi mulai saat ini hilangkan rasa ketakutanmu terhadap debtcollector yang datang kerumah.kalau dia datang ya datang saja.bilang aja rumah sy jelas alamat jelas.mereka ngajak janji diluar jangan pernah mau.kalau mau janji datang kerumah.kalau kalian malu dengan tetangga jangan khawatir tetangga akan membantu kalian,kalau ada apa2 kan bisa jadi saksi.jadi tidak usah malu dan perlu anda ketahui namanya hutang itu bukan kerahasian baru ,yang tidak boleh diketahui umum itu sifatnya adalah tabungan .

Untuk dc pinjol pengalaman saya pribadi itu bisa kok untuk negosisasi pokok.dan bayarlah ketika ada uang tapi tetap diusahakan dan jangan menjajikan masalah waktu.begitu pula kalau kalian punya hutang di bank pun sama bisa nego juga.baik itu keringanan cicilan atau relaksasi yang ditawarkan dc biasanya.dulu aja saya dari pihak dc ditawarkan hutang pokok saja bisa.berhubung saya belum memiliki dananya jadi saya minta relaksasi saja waktu itu.

Jadi sekali lagi saya informasikan bahwa dc yang datang kerumah itu tidaklah menyeramkan yang kalian bayangkan.tergantung kita bagaimana memperlakukannya dan rata-rata dc yang kerumah itu bisa kok diajak negosiasi dan orang ya asik kok.apalagi kalau posisi kita sudah tidak bekerja misalkan dan sulit membayar hutang.pihak dc juga akan mengerti kok.yang penting jujur apa adanya saja.

Masalah ancaman teror yang suka di lemparkan oleh pihak dc internal itu semua hanya gertakan.ini biasanya pinjol yg melakukan.kalau hutang di bank atau leasing itu jarang jarang sekali melakukan teror melalui telepon atau social media.cuma cara penagihan pinjol saja yang sangat kurang ajar





0 Response to "Stress Menghadapi Debtcollector ! Begini Cara Menghilangkan Rasa Panik & Takut Dengan Debtcollector Yang Akan Datang Ke Rumah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel