Cara Menggunakan Aplikasi Everywriter untuk Menulis Novel di Windows 10

image : kaskus
alimsyahwana.com - Setiap orang pasti bisa menulis dengan baik. Mulai dari menulis cerita pendek hingga menulis cerita yang lebih panjang seperti novel, semuanya bisa kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memiliki format untuk membuat sebuah cerpen atau novel. Faktor inilah yang membuat banyak penulis pemula sering kehilangan ide-ide yang bagus karena lupa dan kacau saat memulainya. Lalu Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk membantu dalam menentukan format yang benar saat menulis cerpen atau novel, menggunakan aplikasi Everywriter menjadi solusi yang tepat. Everywriter adalah aplikasi yang bagus untuk merancang garis besar novel, mendesain karakter dalam novel, dan membuat desain sampul buku. Kamu juga bisa mempublikasikan buku atau cerita di platform membaca dari aplikasi ini. Pengguna lain dapat membaca dan meninggalkan komentar untuk tulisanmu.


Berikut ini cara menggunakan aplikasi Everywriter untuk menulis novel di windows 10 yang bisa kamu coba.

1. Cara Menggunakan Aplikasi Everywriter

image : kaskus.co.id

Sebelumnya kamu harus menginstal aplikasi Everywriterterlebih dahulu. Aplikasi Everywriter bisa ditemukan di google dan lebih mudah digunakan di sistem operasi windows 10. Setelah menginstal aplikasi ini, pilih bahasa yang paling mudah dimengerti untuk aplikasi. Setelah pemilihan bahasa, muncul sebuah tutorial visual singkat yang bisa dipelajari. Setelah itu, muncul jendela pop up yang berisi 2 opsi tema dan font yang bisa dipilih. Pilih font untuk aplikasi atau font default.

2. Merancang Garis Besar Buku Aplikasi Everywriter

image : kaskus.co.id
Setelah mengetahui dasar-dasar menggunakan aplikasi Everywriter, selanjutnya tuangkan ide-ide terbaikmu dalam bentuk karya tulisan cerpen maupun novel. Klik tombol write di bagian tengah bawah layar. Kemudian, muncul halaman desain untuk menentukan garis besar cerita yang akan dibuat. 

Pada halaman desain ini berisi ruang untuk menulis judul buku. Selain itu, kamu dapat menentukan bab-bab yang akan ada di buku dengan memberikan judul. Di sisi kanan layar, ada kotak yang dapat digunakan untuk menulis isi bab, mengubah font, memasukkan emotikon, gambar, dll. Jika kamu menulis percakapan beberapa orang, maka ikon pertama akan membantu memasukkan nama karakter apa pun yang diinginkan. Dengan cara ini kamu tidak perlu menulis nama dari orang lagi. 

Pada thumbnailbuku, terdapat opsi untuk mendesain, menulis, membaca, dan menerbitkan. Kamu dapat mengklik tombol design jika ingin membuat perubahan pada desain buku. Opsi write juga memungkinkan penulis untuk menulis atau menambahkan konten ke salah satu bab dalam buku. Untuk membaca buku yang telah ditulis dalam format buku, kamu bisa menggunakan opsi baca. Sedangkan, untuk mempublikasikan cerita atau buku di aplikasi bisa menggunakan opsi publikasi. Dengan opsi publikasi, pengguna lain dapat membaca dan mengomentari tulisan.

3. Manfaat Aplikasi Everywriter

image : kaskus.co.id

Everywriter adalah alat pembuat buku yang bagus. Aplikasi ini membuat seluruh proses mendesain buku menjadi mudah. Kamu juga dapat memasukkan ide-ide pada bagian desain garis besar. Dengan cara ini, ide-ide yang sudah muncul tidak terlupakan dan hilang begitu saja. Jadi, jika kamu seorang penulis cerita dan ingin menulis cerita pendek atau buku, Everywriterbisa menjadi alat yang hebat untuk melakukan hal itu. Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk pengguna smartphone android maupun iphone.

Itulah cara menggunakan aplikasi Everywriter untuk menulis novel di windows 10 yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!


Sumber : kaskus.co.id


0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Everywriter untuk Menulis Novel di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel