Pentingnya Personal Branding untuk Karier Anda

alimsyahwana.com - Rekan kerja, tentu Anda sudah sering mendengar tentang personal branding, bukan? Apabila Anda masih kurang yakin dengan pengertian personal branding yang selama ini Anda tahu, berikut pengertian dan pentingnya personal branding untuk karier Anda.

Personal branding terdiri dari dua kata, yakni personal dan branding. Branding adalah memberikan nama atau kesan tertentu terhadap suatu barang atau jasa agar diketahui masyarakat luas. Maka, jika branding diaplikasikan ke seseorang atau individu (personal) memiliki pengertian usaha memberikan impresi atau kesan tertentu kepada orang lain terhadap seorang individu atau usaha membentuk atau memberikan kesan atau impresi yang dilakukan seorang individu dengan tujuan agar mudah dikenali oleh masyarakat luas.

Sementara, pengertian personal branding menurut marketer Mcnally ialah persepsi atau emosi yang diatur oleh orang lain selain diri Anda, sehingga personal branding dapat dijelaskan oleh orang yang pernah memiliki hubungan kerja atau pertemanan dengan Anda.

Baca juga : Inilah 5 Cara Agar Istagram Kamu Bisa Di Endorse

Personal branding awalnya berasal dari Erving Goffman yang menciptakan Erving Goffman’s Theory. Di dalamnya membahas tentang self-presentation yang berarti cara seseorang ingin dilihat dari kelompok tertentu. Goffman menggunakan cara dramaturgi (seni mengarang sandiwara) sebagai komponen untuk teori self-presentation.

Jika dilihat dari sisi dramaturgi, bagaimana cara seseorang memainkan sebuah peran dalam sebuah drama serta cara ia mengontrol bagian mana yang ingin ditonjolkan dan diperlihatkan oleh para penonton. Nah, di sinilah personal branding dimainkan yakni sisi bagian mana yang ingin dipertontonkan atau diperlihatkan kepada banyak orang.

Ada dua tingkat dalam self-presentation berdasarkan Goffman, yaitu front-stage dan back-stage. Front-stage adalah tahap di mana seseorang memperlihatkan caranya berperilaku atau berpakaian di depan publik atau orang sekitar dengan tujuan membangun pesona yang ingin dibentuk. Sementara, back-stage adalah bagian yang tidak ditampilkan ke banyak orang.

Baca Juga : Peluang Bisnis Yang Ada Di Android

Membangun dan membentuk personal branding yang unik di dalam dunia pekerjaan akan memengaruhi karier maupun perusahaan tempat Anda bekerja. Dengan kemampuan personal branding yang baik, maka secara tidak langsung Anda memasarkan diri dan kemampuan Anda agar dapat bertemu dengan pelanggan yang kebetulan membutuhkan kemampuan yang Anda miliki.

Di manapun posisi Anda di dalam jenjang karier, personal branding menjadi unsur yang paling penting dengan tetap berharga (marketable) di tengah-tengah masyarakat. Kemampuan personal branding yang bagus juga akan memberikan Anda peluang dalam menyebarluaskan nama baik  Anda atau bahkan kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan terkenal. Lalu, bagaimana caranya untuk membangun personal branding yang akan berdampak baik pada karier Anda?Berikut beberapa langkah untuk memulai personal branding:

1. Fokus dengan apa yang Anda lakukan

Image : Fokus dengan pekejaan Anda (Sumber: cdn.com)



Hal apa yang ingin Anda tunjukan ke dunia? Apakah menjadi seorang penulis? Konsultan? Pembicara? Bagian mana yang ingin menjadi fokus Anda dalam karier? Tekuni apa yang Anda lakukan dan cobalah untuk selalu memberikan hasil terbaik dalam setiap pekerjaan Anda. Tentukan hal ini agar dapat menguatkan dan meyakinkan oang lain yang ingin mengangkat Anda sebagai salah satu anggota perusahaannya.

2. Pahami audience dan kompetitor 

Image : Perhatikan pesaing Anda (Sumber: autogrow.co)

Sama seperti memulai bisnis baru, hal yang termasuk ke dalam yang paling penting adalah memahami dan menetapkan audience yang cocok untuk Anda. Bentuklah profil yang cocok dengan kriteria audience, ikuti pola yang mereka miliki, cocokkan dengan apa yang menjadi kesukaan mereka, cocokkan dengan keseharian mereka, dengan begitu hal ini akan membantu memberikan dukungan kepada profil yang Anda tetapkan.

Saat membuat sebuah profil, jangan lupa perhatikan kompetitor Anda. Bagaimana para kompetitor mendesain diri mereka sesuai dengan profesi atau bidangnya, di saat itulah coba Anda buat hal yang berbeda dari kompetitor Anda. Buat hal unik yang tidak Anda temukan di kompetitor, sehingga hal tersebut akan menjadi ciri khas Anda.

3. Pasarkan diri Anda di media sosial

Image : unsplash

Dewasa ini, media sosial seakan-akan dunia kedua. Penting bagi para pekerja untuk “memasarkan” profilnya melalui media sosial agar tetap marketable. Hal ini tentu memberikan banyak keuntungan:

Orang akan dengan mudah mencari profil melalu media sosial, yang nantinya hal ini dapat memengaruhi kemudahan Anda untuk diakses oleh “pasar”.
Memudahkan “pasar” untuk mengenal Anda sebagai seorang yang profesional di bidangnya.

Mengingat personal branding mempunyai banyak sekali keuntungan khsususnya dalam membangun karier, hal ini menjadi sesuatu yang harus Anda perhatikan. Dengan meningkatkan kualitas personal branding yang ditunjukkan kepada banyak orang, maka akan semakin besar pula kesempatan untuk menjadi seseorang yang marketable. Semoga berhasil, Rekan Kerja!

Rekan Kerja ingin mendapatkan berbagai materi lainnya terkait pengembangan karier Anda tanpa terkendala tempat dan waktu? Segera unduh aplikasi ruangkerja dengan mengklik gambar di bawah ini.


Sumber : blog.ruangguru.com

0 Response to "Pentingnya Personal Branding untuk Karier Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel