Ini Lho 7 Manfaat Puasa Sosial Media yang Bisa Kamu Rasakan Langsung,Yuk Hiatus Sejenak Dari Sosmed

Ini Lho 7 Manfaat Puasa Sosial Media yang Bisa Kamu Rasakan Langsung,Yuk Hiatus Sejenak Dari Sosmed


Image source ; unsplash.com

Media sosial hingga saat ini sudah menjadi salah satu rutinitas yang di lakukan hampir setiap orang baik anak-anak ataupun orang dewasa bahkan orang yang sudah tua pun tidak bisa lepas dari aktivitas bersosial media

Social media sudah menjadi candu di kalangan banyak orang yang tidak bisa di pisahkan di kehidupan sehari-harinya,dari pagi bahkan sampai malam dan bertemu pagi kembali ada saja sebagian orang yang candu dan menghabiskan waktunya di sosial media.mereka merasa kurang afdol  rasanya kalo seharian tidak bersosmed.entah itu hanya sekadar membaca story seseorang ataupun stalking sang mantan..hehe

Kamu rela menatap layar gadget berjam-jam lamanya  untuk melihat apa yang tengah terjadi di media sosial, update aktivitas atau melihat dan mengomentari aktivitas teman. Sehari nggak menggunakan medsos itu ibarat makan tanpa nasi, nggak kenyang, bikin nggak semangat.

Tapi kalian pernah nggak sih berpikir untuk rehat saja sejenak dari sosmed?tidak usah lama-lama.coba deh kalian jadwalkan untuk rehat sejenak dari sosmed.2 minggu ataupun 1 bulan saja.kira-kira kalian sanggup tidak

Baca juga : 7 Cara Menemukan Passion Khusus Untuk Kamu yang Sedang Kebingungan

Bagi kalangan seseorang mungkin ada yang menyanggupi dan ada juga yang benar-benar tidak bisa lepas dari sosial media.seperti seseorang yang mencari rezeki dari sosmed yang suka mempromosikan brand atau usahanya lewat sosmed.

Tapi bagi kalian yang hanya sekadar membaca ataupun sekadar mengomentari status seseorang gak ada salahnya kan kalian mencobanya.memang sosial media itu hal yang sangat penting. karena dengan besosial media kita bisa jadi tahu informasi-informasi berita sehingga menambah pengetahuan dan wawasan kita

Tapi dunia nggak bakalan runtuh kalau kamu nggak main medsos kan? Dan kamu nggak bakal rugi juga, kan?

Berikut adalah manfaat puasa sosial media yang bisa langsung kamu rasakan, yuk simak selengkapnya!

1. Kamu akan lebih fokus pada dirimu sendiri

Image source : pexels

Menghabiskan waktu hanya untuk mengurus medsos kadang membuatmu lupa kalau dirimu lebih sebenarnya lebih berharga. Maka coba deh nikmati waktumu tanpa bayang-bayang media sosial sosial yang selalu menghantuimu.Nikmati hari-harimu dengan melakukan berbagai hal yang kamu sukai atau hal positif yang bisa mengeksplor dirimu dan membuatmu lupa sejenak dengan media sosial.

Selain itu, dengan puasa medsos kamu bisa melihat dunia dengan sudut pandangmu sendiri. Bukan sekedar untuk pencitraan saja.

2. Terhindar dari hal-hal negatif

Image source : pexels

Tahu sendiri kan media sosial tempatnya orang-orang berekspresi dengan mengunggah apapun yang menurut mereka menarik tanpa batasan? Nah terkadang kita menemukan suatu hal yang kurang enak dilihat atau dibaca yang akhirnya berujung dengan mood kamu berantakan sepanjang hari. Ditambah lagi kalau yang update adalah orang terdekatmu.Duh makin nggak karuan deh hari-hari kamu

Dengan puasa medsos, tentunya akan membuat hatimu lebih tenang dan nggak akan membuatmu kekurangan informasi. Masih banyak kok wadah yang lebih bermanfaat untuk sekedar mencari informasi.kalian bisa mencari informasi ataupun berita di televisi kan.biar kalian gak ketinggalan berita juga.atau kalian bisa mengalihkannya dengan membaca majalah ataupun buku-buku yang sifatnya informatif

3. Menikmati banyak hal di sekitarmu


Terlalu fokus bermain media sosial, terkadang membuatmu lupa dengan lingkungan di sekitarmu.bahkan kamu cuek dengan orang-orang di sekitarmu.kamu lebih asyik dengan mainan gadgetmu.

Dengan vakum dari medsos kamu bisa melihat dengan jelas kejadian yang terjadi di sekitarmu.dan kamu bisa lebih dekat dengan orang-orang atau teman-temanmu.Makanya yuk vakum sejenak dari ponsel pintarmu.

4. Terlepas dari ketergantungan pendapat orang lain


Terkadang ketergantungan pada media sosial bisa membuatmu terjebak dari mindset of seeking validation from others. Kamu merasa butuh banget pengakuan dari orang lain. Haus akan perhatian. Setiap memposting apapun, kamu menginginkan banyaknya likes atau retweet yang berujung dengan bertambahnya followers kamu. Padahal, kebahagiaan itu harusnya diciptakan oleh diri sendiri, bukan berapa banyaknya likes atau retweet postinganmu.dengan sifat seperti ini juga sebenarnya tidaklah baik ya.karena mengarah pada sifat riya atau sombong.

Begitu kamu update foto, yang kamu harapkan adalah like sebanyak-banyaknya. Tapi ketika yang like nggak banyak, buru-buru deh kamu langsung menghapusnya. Padahal kamu nggak butuh like terlalu banyak juga. Untuk apa? Jangan sampai deh kamu kayak gitu. Lebih baik off dari media sosial untuk melepas diri dari ketergantungan akan pendapat orang lain dan ini penting banget.

5. Kamu lebih produktif


Tanpa kamu sadari, dalam sekali mengecek media sosial kamu bisa menghabiskan waktu selama 10 hingga 15 menit kan. Kebiasaan itu akhirnya membuat waktumu terbuang sia-sia dengan berlama-lama berselancar di media sosial. Padahal kamu bisa mengalihkan kegiatan yang lebih produktif dibandingkan dengan scrolling timeline sang mantan atau berkeliaran di medsos.

Dengan memutuskan break sejenak dari media sosial, tentunya kamu terdorong untuk bisa mengisi waktu luang dengan berbagai hal yang lebih berguna dan juga positif. Menyalurkan hobi misalnya. Kalau kamu suka ngeblog, kamu bisa merutinkan menulis setiap hari.jujur saya pribadi juga kalo sudah berselancar di sosmed bisa berjam-jam dan akhirnya jadi males mau update blog juga.atau kalian yang hobinya fotografi bisa hunting atau jalan-jalan untuk menyalurkan hobi.lebih menyenangkan bukan!..

6. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain


Media sosial biasanya dijadikan ajang untuk pamer. Orang-orang akan berlomba-lomba untuk menunjukkan diri mereka lebih baik dibandingkan orang lain. Baik itu dari segi fisik, ekonomi, keberhasilan, atau kemampuan dalam hal-hal tertentu. Atau ada juga yang memposting foto-foto mereka yang tengah berlibur ke luar negeri, makan-makan mewah di restoran bintang lima.

Sadar atau tidak, dengan melihat setiap postingan tersebut kadang membuatmu menjadi iri dan akhirnya membandingkan dirimu dengan mereka dan berdampak pada kepenatan.iya kan?...

Dengan kamu vakum saja sejenak dari medsos, tentunya kamu bisa lebih mensyukuri segala yang kamu punya dan kamu miliki berusalah berhenti membandingkannya dengan orang lain.

7. Bisa lebih dekat dengan orang-orang sekitar


Mungkin kalian seringkan mengalami saat-saat kalian berkumpul bersama-sama teman pada saat nongkrong entah itu di cafe,taman,kampus justru pada saat berkumpul.bukan ya asyik ngobrol malah sibuk dengan gadgetnya sehingga suasana hening..hehe

Apalagi kalau kalian yang sangat expert dengan dunia game,pasti kalian sibuk dengan main game dan lupa dengan teman-teman di sampingmu.

Pertemuan yang seharusnya dijadikan sebagai temu kangen, bertukar cerita akhirnya menjadi tidak berarti karena terlalu fokus pada media sosial. Kalian seolah apatis dengan keadaan sekitar, dan hanya fokus pada layar gadget.Lalu kalaupun kalian ngobrol, pembahasannya pasti seputar hal-hal yang tengah viral yang nggak ada hubungannya sama sekali dengan kalian. Benar, kan?

Nah, hal seperti ini harusnya kita hindari. Mulailah puasa medsos dan ajak temanmu untuk melakukannya. Manfaatkan waktu kebersamaan kalian dengan berbagai topik serta aksi yang menarik. Selain itu, kedekatan dengan orang-orang terdekat terasa lebih nyata dibandingkan hanya sekedar untuk kepentingan foto untuk media sosial.

Jadi, siap untuk puasa medsos?....Selamat Mencobanya..Good Luckk

Baca Juga : 











0 Response to "Ini Lho 7 Manfaat Puasa Sosial Media yang Bisa Kamu Rasakan Langsung,Yuk Hiatus Sejenak Dari Sosmed"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel