Belajar Bahasa Pemrograman Secara Interaktif di Internet

Bahasa pemrograman sebuah salah satu bagian penting di teknologi informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, seseorang dapat membuat solusi dengan memanfaatkan device atau system yang menjadi tulang punggung di teknologi informasi dan komunikasi. Algoritma dan bisnis proses dapat Anda translasikan menjadi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan di device atau system yang Anda tuju. Anda dapat mengimplementasikan perangkat lunak di device seperti mobile device, embedded device, desktop device, console game, atau microcontoller device. Untuk system biasanya perangkat lunak ditujukan untuk aplikasi web atau server management.
Untuk mempelajarinya, biasanya orang yang belajar atau memperdalam bahasa pemrograman menggunakan buku, majalah, atau tutorial singkat sebagai referensi. Referensi tersebut biasa dibeli dari toko buku atau didapatkan secara gratis (tentunya yang legal) di internet. Selain itu ada juga yang memanfaatkan video dan slide tutorial yang tersedia di portal video seperti YouTube atau di portal slide seperti SlideShare.
Selain cara konvensional diatas, ada juga cara lain yang lebih interaktif. Disini akan diulas beberapa website yang menyediakan layanan belajar bahasa pemrograman tertentu secara gratis dan interaktif. Layanan tersebut bersifat interaktif karena Anda dapat mencoba langsung sintaks dan algoritma yang disajikan permaterinya. Selain mencoba langsung bahasa pemrograman tersebut, di setiap materi disajikan pula penjelasan teknis yang detail. Jika Anda salah mengetikkan kode program, Anda akan dibantu pemberitahu error yang sudah tersedia di website tersebut.
Mari kita simak beberapa website yang menyediakan layanan belajar bahasa pemrograman gratis secara interaktif.

A Tour of Go

Website ini menyediakan belajar gratis bahasa pemrograman Go dalam 74 materi. Cukup banyak dan Anda dapat menjangkau semua topik mulai dari dasar hingga tingkat lanjut. Tour GoLang ini menyediakan materi dasar algoritma, struktur data dasar, network programming, web programming, hingga struktur data tingkat lanjut. Anda akan ditemani oleh maskot bahasa pemrograman Go selama belajar. Di sebelah kanan terdapat materi yang akan disajikan setiap sesinya. Di sebelah kiri terdapat konsol interaktif yang memfasilitasi Anda untuk mengetikkan kode Go langsung di browser dan membantu memahami materi. Website tour ini dibangun oleh GoLang.Org.
Belajar Pemrograman Gpl di A Tour of Go
Belajar Pemrograman Gpl di A Tour of Go

Learn C

Website ini menyediakan belajar gratis bahasa pemrograman C dalam 17 materi. Bahasan yang terdapat di web tersebut misalnya: variables and types, arrays, strings, for loops, while loops, functions, pointer, dynamic allocation, recursion, dan lainnya. Materi dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu Learn the Basics dan Advanced. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn C. Konsol interaktif didukung oleh Sphere Engine.
Belajar Pemrograman C di Learn CProgramming
Belajar Pemrograman C di Learn CProgramming

Scala Tutorials Tour

Website ini dikembangkan Eran Medan. Materi yang disampaikan ada sekitar 30 materi. Contoh materi antara lain: method definition, loops using while, mutable collection, classes, dan lainnya. Materi yang disampaikan terdiri dari dasar, tingkat lanjut, dan struktur data dasar. Konsol interaktif didukung oleh Codebrew.io. Anda akang melihat konsol interaktif di bagian kiri web Scala Tutorials.
Belajar Pemrograman Scala di Scala Tutor
Belajar Pemrograman Scala di Scala Tutor

Learn Python

Website ini menyediakan belajar pemrograman Python secara gratis. Materi yang disampaikan ada sekitar 23 materi yang dibagi dua menjadi dua bagian materi yaitu Learn the Basics dan Advanced. Contoh materi yang disampaikan adalah Lists, String Formatting, Dictionaries, Modules and Packages, Generators, Code Introspection, Decorators, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn Python.
Belajar Pemrograman Python  di Learn Python Programming
Belajar Pemrograman Python di Learn Python Programming

Python Tutor

Website ini menyediakan belajar pemrograman Python secara gratis. Bisa dibilang website yang lebih interaktif dan gaul karena selain Anda dapat mengetikkan kode Python selama belajar, Anda dapat melihat bagaimana proses eksekusi secara visual. Materi yang dapat Anda pelajari ada sekitar 50 materi. Materi terbagi kedalam beberapa bagian seperti Basic, Math, User Input, Objects, Linked lists, Pointer Aliasing, Higher-Order Functions, Python Tricks, HTML Rendering, MinPath, Knapsack, dan Fibonacci. Website ini dikembangkan oleh Philip guo. Anda akan melihat konsol interaktif di bagian kiri web dan melihat visualisasi proses di bagian kanan.
Belajar Pemrograman Python di Python Tutor
Belajar Pemrograman Python di Python Tutor

Learn Java

Website ini menyediakan belajar pemrograman Java secara gratis. Materi yang disampaikan ada sekitar 18 materi yang dibagi dua menjadi dua bagian materi yaitu Learn the Basics dan Advanced. Contoh materi yang disampaikan adalah Objects, Inheritance, Try and Catch, Using Generics, Collections, Generic Types, IO Streams, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn Java.
Belajar Pemrograman Java di Learn Java Programming
Belajar Pemrograman Java di Learn Java Programming

Learn Javascript

Website ini menyediakan belajar pemrograman Javascript secara gratis. Materi yang disampaikan ada sekitar 14 materi yang dibagi dua menjadi dua bagian materi yaitu Learn the Basics dan Advanced. Contoh materi yang disampaikan adalah Arrays, Loops, Objects, Callbacks, Object Oriented Javascript, Function Context, Inhritance, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn Javascript.
Belajar Pemrograman Javascript di Learn Javascript Programming
Belajar Pemrograman Javascript di Learn Javascript Programming

Learn PHP

Website ini menyediakan belajar pemrograman PHP secara gratis. Materi yang disampaikan ada sekitar 9 materi yang terdiri hanya dari satu bagian materi yaitu Learn The Basics. Contoh materi yang disampaikan adalah Simple Arrays, Strings, For Loops, While Loops, Functions, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn PHP.
Belajar Pemrograman PHP di Learn PHP Programming
Belajar Pemrograman PHP di Learn PHP Programming

Learn C#

Website ini menyediakan belajar pemrograman C# secara gratis. Materi yang disampaikan ada sekitar 9 materi yang terdiri hanya dari satu bagian saja yaitu Learn The Basics. Contoh materi yang disampaikan adalah Variables and Types, Arrays, Lists, Dictionaries, For Loops, While Loops, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn C#.
Belajar Pemrograman C# di Learn C# Programming
Belajar Pemrograman C# di Learn C# Programming

Learn Shell

Website ini menyediakan belajar pemrograman Shell secara gratis. Pemrograman Shell yang dibahas menggunakan BASH yang biasa diperuntukkan Unix atau Linux. Materi yang disampaikan ada sekitar 16 materi yang dibagi dua menjadi dua bagian materi yaitu Learn the Basics dan Advanced. Contoh materi yang disampaikan adalah Arrays, Shell Functions, Special Variables, Bash Trap Command, File Testing, dan lainnya. Anda akan melihat materi di bagian atas dan konsol interaktif di bagian bawah halaman web Learn Shell.
Belajar Pemrograman Shell di Learn Shell Programming
Belajar Pemrograman Shell di Learn Shell Programming

CodeSchool – Try Objective C

Website yang satu ini lebih unik lagi. Anda akan mempelajari Objective C dengan dibumbui suasana sedang bermain game. Terdapat lima materi yang direpresentasikan dengan stage layaknya di game. Stage terdiri dari Grass World, Ice World, Sand World, Lava World, dan Space World. Di bagian awal Anda akan mempelajari teknik dasar di Objective C seperti membuat variabel dan output formatting. Website ini dikembangkan oleh CodeSchool.
Berpetualang di Dunia Objective C di CodeSchool
Berpetualang di Dunia Objective C di CodeSchool
Memilih Stage pertama di Try Objective-C
Memilih Stage pertama di Try Objective-C
Mencoba menyelesaikan Stage pertama di Try Objective C
Mencoba menyelesaikan Stage pertama di Try Objective C

Ruby Monk

Di website ini Anda akan dididik menjadi seorang Biksu yang akan menguasai Ruby di kuil Ruby Monk. Selama Anda belajar di Ruby Monk Anda akan disajikan materi yang di setiap penyampaian materi tersisip konsol interaktif. Anda akan dididik dengan materi di tingkat Beginner, Advanced, dan Intermediate. Beberapa jurus yang harus Anda kuasai antarai lain Ruby Primer, Rubi Primer: Ascent, Metaprogramming Ruby, Metaprogramming Ruby: Ascent, Understanding Rails, dan Practicing Ruby. Kuil ini dikembangkan oleh C42 Engineering. Bahkan salah satu Guru Utama Ruby yaitu Yukihiro Matsumoto bertutur “I am having fun learning Ruby at http://rubymonk.com I like this type of lessons ;-)”.
Menjadi Biksu Ruby di Ruby Monk
Menjadi Biksu Ruby di Ruby Monk

Codecademy Ruby

Codecademy memberikan kursus Ruby gratis mulai dari Pengenalan Ruby hingga Object Oriented Programming di Ruby. Selama Anda belajar, Anda akan disajikan materi di bagian kiri web dan konsol interaktif di sebelah kanan web. Anda dapat mengikuti dua mode, yaitu mode Anonim dan mode terdaftar. Jika Anda menggunakan mode terdaftar, hasil belajar dapat dilihat dan disimpan sehingga Anda tidak perlu mengulang lagi materi dari awal. Materi yang disajikan terdiri dari 19 materi yang dibagi menjadi 10 bagian materi. Kelompok materi yang dapat dipelajari di Codecademy Ruby antara lain: Introduction to Ruby, Putting the Form in Formatter, Control Flow in Ruby, Looping with Ruby, Array and Hashes, Blocks and Sorting, Hashes and Symbols, Refactoring, Blocks Procs and Lamda, Object Oriented Programming 1, dan Object Oriented Programming 2.
Belajar Pemrograman Ruby di Codecademy
Belajar Pemrograman Ruby di Codecademy

Try R

Website ini diprakarasi atas kerjasama O’Reilly dan CodeSchool. CodeSchool membuat materi – materi pemrograman R ini menjadi lebih menyenangkan. Seperti yang kita tahu bahwa R ini sangat erat dengan pemrograman komputasi matematika dan statistika. Di setiap materi Anda akan menjumpai konsol interaktif yang tersisip di materi. Jadi sebelum membaca bagian materi selanjutnya, Anda harus menyelesaikan tugas yang diminta oleh konsol interaktif. Materi yang disajikan ada 8 materi yang terdiri dari Using R, Vector, Matrices, Summary Statistics, Factors, Data Frames, Real-World Data, dan What’s Next.
Belajar Pemrograman R di CodeSchool
Belajar Pemrograman R di CodeSchool

CodeSchool – Real-Time Web with NodeJS

Konsep gamifikasi yang ditawarkan CodeSchool tidak hanya didapat di Try Objective C dan Try R. Di Real Time Web with NodeJS pun Anda akan menjumpai pembelajaran yang telah digamifikasi. Anda akan menjumpai konsol interaktif, slides, video, shortcut dan materi yang telah dibuat tingkatannya. Di kelas tersebut Anda akan melewati 15 materi. Sebagai contoh materi tersebut antara lain Intro, What is NodeJS, What Could You Build, What NodeJS is Not, Long Process Running, Two Callbacks Timeline, dan lainnnya.
Belajar Pemrograman NodeJS di CodeSchool
Belajar Pemrograman NodeJS di CodeSchool

Try Haskell

Website ini dikembangkan oleh Christopher Done yang konsepnya terinspirasi oleh Try Ruby. Evaluator yang digunakan menggunakan Mueval. Di sebelah kiri Anda akan melihat konsol interaktif dan di sebelah kanan Anda akan melihat materi yang membantu proses pembelajaran Anda. Materi yang disajikan meliputi materi untuk beginner dan advance.
Belajar Pemrograman Haskell di Try Haskell
Belajar Pemrograman Haskell di Try Haskell

Lua Demo

Website ini lebih ditujukan bagi programmer yang baru mengenal Lua. Di dalamnya Anda akan melihat konsol interaktif dan beberapa contoh kode program Lua yang dapat dicoba di konsol interaktif tersebut. Beberapa materi yang disampaikan adalah hello, globals, bisect, sieve, dan account. Website ini dikelola oleh Lua.Org.
Belajar Pemrograman Lua di Lua Demo
Belajar Pemrograman Lua di Lua Demo

Try Erlang

Website ini dikelola oleh Erlang Solutions yang menyajikan materi pengenalan tentang Erlang. Materi yang dibahas antara lain Introduction to Erlang, The Erlang Shell, Lists and Tuples, Pattern Match, Functions, dan List Comprehensions. Anda akan menjumpai konsol interaktif di bagian atas web dan untaian materi dibawah konsol interaktif.
Belajar Pemrograman Erlang di Try Erlang
Belajar Pemrograman Erlang di Try Erlang

Try Clojure

Website ini diprakarsai oleh Anthony Grimes. Anda akan dibimbing oleh Try Clojure untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman functional yang berjalan diatas JVM ini. Materi yang dipelajari meliputi tingkat beginner dan advance. Anda akan menjumpai konsol interaktif di bagian atas web dan penjelasan setiap materinya di bawah konsol interaktif.
Belajar Pemrograman Clojure di Try Clojure
Belajar Pemrograman Clojure di Try Clojure

Try F#

Website ini didirikan oleh Microsoft Research. Sebagai upaya untuk memfasilitasi programmer yang ingin belajar F#, maka Microsoft Research membangun Try F#. Materi yang dapat Anda ikuti ada enam materi yang teridiri dari Getting Started in F#, Advance F# Programming, Data Visualization, Data Science, Scientific and Numerical Computing, dan Financial Computing. Ketika Anda memilih salah satu materi Anda akan melihat materi dan penjelasan di sebelah kiri web dan mencoba konsol interaktif di sebelah kanan. Selain itu Anda dapat menulis kode F# di komputer Anda dan menjalankannya di konsol interaktif yang terdapat di menu Create. Anda juga dapat melihat menu Explore yang berisi penjelasan tentang F#.
Pilihan materi di Try F#
Pilihan materi di Try F#
Belajar Scientific and Numerical Computing di Try F#
Belajar Scientific and Numerical Computing di Try F#
Menyenangkan bukan :D? semoga Anda menjadi master di salah satu bahasa pemrograman setelah mencoba belajar dari salah satu website diatas.

Sumber : www.codepolitan.com

0 Response to "Belajar Bahasa Pemrograman Secara Interaktif di Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel