Batasan Dalam Bercanda

BERCANDALAH Sesuai Syariat

Siapa Sih yang tidak suka bercanda? hampir semua orang suka..Rasulullah saw pun juga demikian.
Abu Hurairah RA pun menceritakan, para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai, Rasullullah! Apakah engkau juga bersendau gurau bersama kami?” Maka Rasulullah SAW menjawab dengan sabdanya, “Betul, hanya saja aku selalu berkata benar.”(HR.Ahmad)

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika bercanda.

(1) LURUSKAN TUJUAN yaitu bercanda untuk menghilangkan kepenatan, rasa bosan dan lesu, serta menyegarkan suasana dengan canda yang dibolehkan. Sehingga kita bisa memperoleh semangat baru dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat.


(2) JANGAN MELEWATI BATAS. Sebagian orang sering berlebihan dalam bercanda hingga melanggar norma-norma. Terlalu banyak bercanda akan menjatuhkan wibawa seseorang.


(3).KENALI LAWAN CANDA.Terkadang ada orang yang bercanda dengan seseorang yang tidak suka bercanda, atau tidak suka dengan canda orang tersebut. Hal itu akan menimbulkan akibat buruk. Oleh karena itu, lihatlah dengan siapa kita hendak bercanda.


(4) BERDUSTA DALAM BERCANDA.Nabi SAW bersabda bersabda, “Celakalah seseorang yang berbicara dusta untuk membuat orang tertawa, celakalah ia, celakalah ia.” (HR.Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)


(5) JAUHI KATA-KATA BURUK,FITNAH & JOROK.


(6) JANGAN BERLEBIHAN TERTAWA. Nabi SAW telah mengingatkan agar tidak banyak tertawa, “Janganlah kalian banyak tertawa. Sesungguhnya banyak tertawa dapat mematikan hati.” (HR.Ibnu Majah)


(7) JANGAN MELECEHKAN MATERI DAKWAH ATAU SIMBOL-SIMBOL AGAMA.

*
Semoga setiap kata, perbuatan, tingkah laku dan akhlak kita mendapatkan ridlo dari Allah, pun dalam masalah bercanda. Kita senantiasa memohon taufik dari Allah agar termasuk ke dalam golongan orang-orang yang wajahnya tidak dipalingkan saat di kubur nanti karena mengikuti sunnah Nabi-Nya.

0 Response to "Batasan Dalam Bercanda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel