PELUANG BISNIS YANG ADA DI ANDROID

 



PELUANG BISNIS YANG ADA DI ANDROID

1. Aplikasi

Dari segi monetization, para pengguna iPhone lebih loyal untuk membeli aplikasi berbayar (paid apps) dengan kualitas produk yang memang tidak usah diragukan lagi. Nah, hal ini bisa dijadikan peluang bisnis bagi para developer di Android. Sebuah tantangan untuk membuat aplikasi iPhone yang keren bisa berjalan di platfrom Android.
Terus apa yang bisa dibisniskan karena mayoritas aplikasi Android itu free?

- Pemesanan Aplikasi
Banyak perusahaan dan instansi yang memiliki ide untuk mengembangkan hal-hal yang mereka miliki secara mobile. Contohnya, suatu perusahaan manufaktur ingin memperkenalkan produk baru mereka melalui aplikasi mobile sehingga salesman tidak perlu membawa banyak brosur atau katalog saat menawarkan produk ke konsumen. Aplikasi ini biasanya bersifat private hanya untuk perusahaan sendiri.

- Iklan(contoh: admob)
Para developer yang memiliki ide kreatif lebih memilih membuat aplikasi sendiri dan menyebarkannya secara free di PlayStore. Biasanya mereka menyisipkan iklan (admob) ditempat-tempat tertentu, dengan harapan user mengklik iklan tersebut. Admob itu menjadi sumber pendapatan aplikasi yang free bagi para developer dan juga sebagai penghargaan bagi mereka yang telah membuat aplikasi secara cuma-cuma.

- Aplikasi Berbayar(Paid Apps)
pernah main game di Android kan? Biasanya untuk mendapatkan versi terbaru dari game tersebut atau saat membuka tantangan game yang masih di lock, terkadang harus membeli game yang berbayar. Dari situlah para developer game mendapatkan penghasilan. Selain game, ada juga beberapa aplikasi yang meminimalisir fitur untuk aplikasi yang gratis dan memberikan full fitur untuk aplikasi berbayar. Tapi sayangnya developer indonesia belum diizinkan oleh Google publish aplikasi berbayar, kecuali kita mendaptarkan diri kita sebagai developer negara lain yang sudah bisa publish app berbayar, Contohnya Singapura.


2. Training

Penasaran gimana cara membuat suatu aplikasi? Atau sekedar ingin tahu prospek apa saja yang ada diAndroid? Mungkin kalau punya ide kreatifkan bisa bekerja sama dengan developer. Para pakar Android sudah menjamur dimana-mana, dari mulai developer sampai pengamat perkembanagan platform ini. Berbekal rasa penasaran dan keingintahuan masyarakat, maka tidaklah sulit untuk membuat suatu pelatihan, seminar, kursus, workshop tentang Android. Ditambah lagi Android sedang booming beredar di masyarakat dan kalangan pelajar. Dengan biaya yang murah meriah, peserta training sudah terbekali dengan berbagai informasi mengenai Android.


3. Rooting

Sudah tau kan kalau Android itu opensource? Dengan begitu, user dapat sesuka hati untuk memodifikasi Androidnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Tapi masih banayk pengguna Android yang takut untuk merooting smartphonenya karena jika salah langkah bisa-bisa terjadi brick dan Android tidak bisa digunakan lagi. Ya sudah tak perlu dirooting, biarkan saja settingannya seperti pertama kali dibeli (bawaan pabrik). Ada beberpa aplikasi keren yang hanya bisa diinstal pada Android yang di root lalu Anda bingung bagaimana cara me-root.
Ini salah satu jasa yang bisa dibisniskan yaitu jasa perootingan. Bagi orang yang sudah ahli dan berpengalaman dalam merooting berbagai device Android, resiko brick atau ngehang itu sudah biasa dan mereka tau bagaimana cara mengatasinya. Dengan membayar beberapa puluh ribu saja maka Android anda sudah di root dan aplikasi atau custom ROM bisa diinsatal dengan baik.
Lalu bagaimana jika ingin dikembalikan ke semula karena factory reset hanya menghapus data-data saja dan Android masih dalam posisi root?
Jasa perootingan ini tentu memberikan fasilitas rooting dan unroot. Jadi tidak usah khawatir jika ingin merooting smartphone Anda.


4. Commerce

Maraknya smartphone Android justru membuka peluang bisnis selain menjadi reseller dari smartphone Android itu sendiri, Anda dapat juga menjual beberapa produk lain seperti aksesoris (Softcase, antiglare, otter), mmicroSD, kaos. Bisnis ini sudah dilakukan oleh beberapa reseller secara online.

0 Response to "PELUANG BISNIS YANG ADA DI ANDROID"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel