Mengenal Visual Basic

 Mengenai Visual Basic



Visual Basic (yang sering juga disebut dengan VB) selain disebut sebagai sebuah bahasa pemrograman, juga disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan Windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic di antaranya seperti :

  1. Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.
  2. Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti misalnya kontrol ActiveX, file help, aplikasi internet, dan sebagainya.
  3. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat executable
    atau dapat langsung dijalankan.
Visual Basic merupakan pengembangan dari Basic. Basic (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) adalah sebuah bahasa pemrograman “kuno” yang merupakan awal dari bahasa-bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. Basic dirancang pada tahun 1950-an dan ditujukan untuk dapat digunakan oleh para programer pemula. Biasanya Basic diajarkan untuk para pelajar sekolah menengah yang baru mengenal komputer, serta digunakan untuk pengembangan program “cepat saji” yang ringan dan menyenangkan. Walaupun begitu, peran Basic lebih dari sekedar itu saja. Banyak programer andal saat ini memulai karirnya
dengan mempelajari Basic.
Sejak dikembangkan pada tahun 80-an, Visual Basic kini telah mencapai versimya yang ke-6. Beberapa keistimewaan utama dari Visual Basic 6 diantaranya seperti :

  1. Menggunakan platform pembuatan programan yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Dengan begitu Anda dapat berimigrasi atau belajar cepat bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat tanpa harus belajar dari nol lagi.
  2. Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu.
  3. Akses data lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database berkemampuan tinggi.
Fasilitas Visual Basic

Di dalam lingkungan Visual Basic, terdapat berbagai macam komponen, yaitu:
1. Control Menu
Control Menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini anda dapat mengubah ukuran, memindahkannya, atau menutup jendela.

2. Menu
Menu Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya.
3. Toolbar
Toolbar adalah tombol-tombol (shortcut) yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.
4. Form Window
Form Window atau jendela formadalah daerah kerja utama tempat membuat program-program aplikasi Visual Basic.
5. Toolbox
Toolbox adalah sebuah “kotak piranti” yang mengandung semua objek atau ‘kontrol’ yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objekyang akan menjadi penghubung antara program aplikasi dan user-nya, dan yang  kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela form.
6. Project Explorer
Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek), dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (proyek), misalnya form, modul, class, dan sebagainya.
7. Jendela Properties
Jendela Properties adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Properti adalah sifat dari sebuah objek, misalnya seperti nama, warna, ukuran, posisi, dan sebagainya.
8. Form Layout Window
Form Layout Window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form pada Form Layout Window inilah yang merupakan petunjuk tempat aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan.
9. Jendela Code
Jendela Code adalah salah satu jendela yang penting di dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic yang dibuat.

MEMULAI VISUAL BASIC
Untuk menggunakan program Visual Basic. Jalankan dahulu program aplikasinya melalui menu Start, Run, dan sebagainya. Setelah itu akan muncul kotak dialog tentang jenis aplikasi yang ingin dibuat. Biasanya untuk membuat program aplikasi standar, pilihlah Standard EXE pada tab New lalu klik Open, setelah itu akan tampil layar kerja.
Membuat Aplikasi Baru
Untuk membuat aplikasi Visual Basic yang baru dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Pilih menu File ⇒ New Project, atau tekan tombol Ctrl + N.
  2. Kotak dialog New Project akan muncul, disitu terdapat berbagai jenis aplikasi. Beberapa pilihan yang terdapat pada kotak dialog.
  3. Klik OK untuk membuat aplikasi baru.
Membuka Aplikasi yang Sudah Ada

  • Pilih menu File ⇒ Open Project atau takan Crtl + O.
  • Pada kotak dialog Open Project, klik tab Existing.
  • Carilah File proyek Visual Basic (biasanya berekstensi *.vbp)
Membuka Aplikasi Terakhir
  • Pilih menu File. Pada daftar menu yang muncul, di bagian bawah (dekat menu exit) terdapat beberapa proyek ter akhir yang pernah dibuka.
  • Pilih proyek yang diinginkan
  • Jika yang diinginkan tidak terlampir, pilih File Open
  • Pada kotak dialog Open Project yang muncul, pilih tab Recent.
  • Pilih proyek Visual Basic yang terdapat pada daftar (dartar ini melampirkan proyek Visual Basic yang pernah dibuka terakhir kali).
  • Klik Open untuk membukanya.

Menutup Aplikasi
Jika aplikasi yang tampil tidak dibutuhkan lagi dapat ditutup dengan dua cara :
  1. Pada menu, pilih File ⇒ Remove Project, atau
  2. Pada jendela Project Explorer, pilih nama proyek (pada direktori pohon paling atas). Klik kanan tombol mouse, lalu pada menu yang muncul, pilih Remove Project.
Jika muncul kotak dialog, pilih Yes untuk menyimpan perubahan, No untuk tidak menyimpan perubahan, atau Cancel untuk tidak jadi menutup Visual Basic. Proses penutupan ini juga akan dilakukan sacara otomatis apabila membuat proyek baru atau membuka proyek yang sudah ada.

semoga artikel ini bermanfaat..SALAM BLOGGER!...

0 Response to "Mengenal Visual Basic"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel