Mengenal Istilah Apa Itu BPK,RKT,PPS,atau CPC,CTR,RPM di Adsense

sumber gambar: dynamicforpost.blogspot.com

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi dan penjelasan tentang beberapa fitur yang terdapat di Google Adsense yang mungkin kalian belum pahami.

Mengenal Istilah di Adsense (BPK,RKT,PPS,dan Penghasilan Tertaksir,dll)

Daftar istilah ini sebenarnya adalah informasi statistik yang di sediakan oleh Google Adsense untuk penerbitnya terkait data terkait dengan perkiraan penghasilan yang akan di peroleh.

Dengan adanya data statistik ini,Anda di harapkan mengetahui seberapa optimal kinerja blog dan iklan yang kita pasang.Dengan begitu,Anda dapat mengoptimalkan sedemikian rupa jika persepsi kinerja iklan atau penghasilan yang anda hasilkan sangat rendah jika di bandingkan dengan tampilan halaman blog anda.

Pengertian Istilah Dalam Laporan Penghasilan Google Adsense

1.Klik ( Click )

Klik adalah jumlah berapa banyak iklan yang di klik oleh pengunjung blog

2.BPK ( CPC )

CPC atau Cost Per Click BPK atau Biaya Per Klik,jika di terjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah Biaya Per Klik (BPK) adalah jumlah komisi yang di berikan oleh Google Adsense (dalam Dolar atau Rupiah).setiap kali pengunjung mengklik iklan anda

Ukuran BPK iklan di tentukan oleh pengiklan dengan sistem lelang.beberapa pengiklan bersedia membayar lebih banyak perklik daripada pengiklan lain,tergantung pada apa yang di iklankan.

Ada banyak hal yang mempengaruhi ukuran nilai CPC,mulai dari niche blog,sumber traffic,negara pengunjung,pemblokiran iklan BPK rendah,smartpricing dan banyak faktor lainnya.

BPK biasanya lebih tinggi jika pengunjung blog anda berasal dari pencarian organik (Google Search Engine),bukan dari media sosial

Di indonesia sendiri kisaran komisi yang di berikan untuk setiap klik sangat rendah,rata-rata sekitar $0,01 - $0,05 per klik

Jika mereka yang mengklik iklan berasal dari luar negeri,terutama negara maju seperti Amerika Serikat (AS),Singapura,Australia,dan sebagainya,biasanya BPK akan berlipat ganda.itulah sebabnya  banyak blogger indonesia yang membuat blog berbahasa inggris untuk mendapatkan klik dari luar negeri.

3.Tampilan laman (Page Views)

Page Views tampilan laman adalah jumlah tampilan dari seluruh halaman yang di lihat oleh pengunjung blog yang di tempatkan iklan Adsense.

Jumlah tampilan halaman tidak di pengaruhi oleh jumlah iklan yang di pasang di halaman blog.jadi jika iklan yang anda pasang pada halaman yang di tampilkan berjumlah 3 unit iklan,maka halaman muncul 10 kali

RPM

RPM (Revenue Per Thousand) adalah perkiraan pendapatan rata-rata yang akan anda peroleh dari setiap 1.000 tampilan halamam blog.

RPM adalah nilai umum di gunakan dalam program periklanan,RPM berguna untuk membandingkan penghasilan anda jika menggunakan beberapa saluran yang berbeda.nilai ini berasal dari pendapatan yang di bagi dengan jumlah tayangan laman,dikalikan dengan 1.000

RPM = (Taksiran Penghasilan/Jumlah tayangan laman) x 1000

4.Tayangan (Impression)

Istilah Impressionatau Impression memang agak membingungkan. Kesan didefinisikan sebagai tampilan atau tayangan pengunjung pada item tertentu di blog Anda. Dapat merujuk kepada pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan, atau iklan tertentu.

Oleh karena itu, ‘Impression’ dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.



Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan di blog. Bisa jadi jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau permintaan pencarian (untuk iklan pencarian) yang menampilkan iklan.

Anda dapat membayangkan sesuatu seperti ini, jika dalam 1 halaman ada 4 iklan yang ditampilkan, jadi jika halaman tersebut dilihat 1000 kali, maka Impressions estimated = 4000.

RKT (Rasio Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Through Ratio)
RKT Halaman adalah persentase dari berapa banyak klik yang Anda dapatkan jika dibandingkan dengan Jumlah Tayangan Laman.

CTR (Clickthrough Rate) = Klik / Halaman Pitch x 100%

Contoh:

Pada gambar di atas, saya mendapatkan klik sebesar 55 klik untuk pageviews 4,68 rb, jadi RKPT saya adalah ..

RKT = 21 / 1.600 x 100%

= 1,17%

Dengan CTR, Anda bisa mengetahui apa penempatan iklan optimal yang Anda lakukan di blog hari ini. Jika RKPT Anda sangat rendah, Anda perlu memikirkan untuk menempatkan kembali iklan Anda sehingga dapat “dipukul” oleh lebih banyak pengunjung.

Tapi memang, untuk blog berbahasa Indonesia, RKT bisa sangat rendah tidak lebih dari 3%. Ini mungkin karena malasnya perilaku pengunjung yang menghindari iklan karena banyak blogger matre yang memasang iklan pop-up atau iklan yang menutupi konten sehingga sangat mengganggu pengunjung blog.

5.Penghasilan Tertaksir (Estimated Earnings)

Taksiran penghasilan adalah perkiraan atau perkiraan penghasilan yang akan Anda peroleh dari Adsense baik untuk Hari Ini, Kemarin, Selama 7 Hari ke Bulan Ini.

Taksiran penghasilan dihitung dari jumlah Klik (Klik) dikalikan dengan BPK (BPK). Semakin besar nilai BPK dan semakin besar jumlah Klik, semakin besar taksiran pendapatan yang akan Anda hasilkan.



Jumlah Taksiran Penghasilan bukanlah pendapatan akhir (akhir). Pada akhirnya, Google akan secara otomatis menganalisis di mana klik yang valid dan tidak valid.

Jika ada klik tidak sah, maka jumlah penghasilan yang diperoleh pada hari itu akan kurang dari Taksiran Penghasilan.

Jadi yang diperhitungkan oleh Google hanyalah klik yang valid.

5.Saldo

Saldo adalah jumlah pendapatan akhir yang Anda dapatkan dalam jangka waktu satu bulan mulai dari terakhir kali Anda melakukan pencairan Google Adsense (Penarikan). Saldo Anda akan terakumulasi pada awal setiap bulan, sehingga saldo Anda saat ini tidak termasuk dengan penghasilan Anda bulan ini.

Nah sekarang udah ngerti itu ..

Sebenarnya ada banyak istilah glossary di Google Adsense, tetapi yang paling penting yang Anda tahu saya pikir cukup di atas tadi.

Untuk lebih detail silahkan kunjungi support.google.com/adsense/

Sumber : antero.co


0 Response to "Mengenal Istilah Apa Itu BPK,RKT,PPS,atau CPC,CTR,RPM di Adsense"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel