Ternyata Jodoh Ada Rumusnya, Lho...


Memang jodoh itu rahasia Allah. Misterinya baru terungkap setelah si jodoh tersebut datang dan menikah dengan kita.

Namun berdasarkan pengalaman saya, sepertinya jodoh itu ada rumusnya, lho. Begini:

1. Keduanya sama atau hampir sama dalam hal ideologi, kualitas iman dan kualitas ibadah. Makanya tak heran, orang liberal akan berjodoh dengan orang liberal pula. Orang yang jarang shalat akan berjodoh dengan orang yang jarang shalat pula. Penghafal Al Quran akan berjodoh dengan penghafal Al Quran pula.

2. Tidak selalu sama (bahkan bisa jadi bertolak belakang) dalam hal hobi, passion, minat dan bakat. Saya dan istri misalnya, nih. Hobi kami bertolak belakang. Saya suka menulis, dia tak suka. Dia suka banget sayur asem, sedangkan saya paling anti sama sayur asem.

3. Kebanyakan sederajat atau hampir sama derajatnya dari segi status sosial. Tapi ada juga yang status sosialnya beda jauh.

4. Saling melengkapi dalam hal kelebihan dan kekurangan masing-masing. Wanita pendiam biasanya berjodoh dengan pria yang banyak bicara. Pria penakut biasanya berjodoh dengan wanita pemberani. Wanita yang otak kanannya lebih dominan akan berjodoh dengan pria yang otak kirinya lebih dominan. Pria yang cuek terhadap urusan genteng bocor justru berjodoh dengan wanita yang sangat peduli pada urusan genteng bocor. Pria kemayu bisa jadi berjodoh dengan wanita tomboy.

NB: Rumus di atas belum diuji di ITB dan IPB. Jadi tingkat keabsahan dan keakuratannya belum terbukti secara ilmiah. Namun yang jelas, seperti yang saya tulis di novel Cinta Tak Sempurna:

Mencari jodoh itu bukan mencari yang paling sempurna, tapi mencari yang paling cocok.

Jika kamu ingin mencari istri sholehah, pastikan dirimu pun sudah sholeh.

Jika kamu ingin mencari istri seperti Siti Khadijah, pastikan dirimu sudah sama kualitasnya dengan Rasulullah.

Jika kamu ingin mencari jodoh dengan kualitas tertentu padahal kualitas kamu belum sebaik itu, maka yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas dirimu. Agar suatu saat nanti, kamu bisa menemukan jodoh yang sepadan denganmu.

Jangan mencari jodoh yang sempurna, karena tak ada manusia yang sempurna.

SOURCE : (JONRU)

0 Response to "Ternyata Jodoh Ada Rumusnya, Lho..."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel